geekaboo
Loading...

Cara Upload Video di Instagram (Easy & Advance)

Photo from Vimeo.com
Postingan padet kali ini adalah tentang Cara Upload Video di Instagram! Karena begitu banyak pertanyaan dari komentar-komentar di Instagram gue (@benakribo) yang bingung cara upload video, jadi gue bakal jelasin, dan dengan 2 cara, gampang dan susah (geek only)

Sebelum gue jelasin caranya, ada beberapa hal yang kamu harus tau tentang Instagram Video.

1. Instagram Video itu berbentuk ‘KOTAK’. Jadi kalo video kamu lebar atau widescreen, Instagram bakalan ngecrop video kamu jadi kotak, tapi kamu bisa adjust posisi kotaknya. Nah Instagram Video nggak seperti foto yang bisa gampang dijadiin lebar (layout kotaknya pas) dengan aplikasi Squaready (Saat tulisan ini ditulis, belum ada aplikasi seperti Squaready yang untuk video).
2. Durasi maksimum sebuah Instagram Video itu adalah 15 detik.
3. Kamu bisa tumpuk lebih dari 1 video untuk membentuk 1 Instagram Video, tapi tetep durasi maksimum 15 detik.
4. Kamu bisa cut video kamu langsung di aplikasi Instagram (misal: video 2 menit di-cut jadi 5 detik)
5. Durasi minimum sebuah Instagram Video adalah 3 detik.
6. Kamu nggak bisa ngetag temen di Instagram Video (September 2013)
7. Kamu bisa memilih thumbnail atau salah satu bagian dari video kamu untuk dijadiin gambar depan (tampilan video sebelum di-play)

Cara ke-1 (Gampang)

1. Supaya kamu bisa upload video dari Gallery/Camera Roll kamu ke Instagram, kamu harus update Instagram kamu ke versi yang paling baru. Caranya gimana? Ya update aja softwarenya sesuai OS handphone kamu ya (Android/iOS).
2. Kalo udah, buka Instagram, klik tombol yang tengah, klik tombol video, terus klik yang tombol kiri bawah buat milih video dari Gallery / Camera Roll HP kamu. That’s it!

Cara ke-2 (Susah / For Geek Only)

Kalo kamu mau upload video kamu dari kamera DSLR atau Video yang kamu punya di Komputer, caranya bakalan lumayan ribet. Tapi ya hasilnya bakalan lebih bagus (kalo emang videonya bagus kualitasnya)

1. Karena Instagram Video berbentuk kotak, jadi kamu harus ubah video kamu terlebih dahulu menjadi kotak. Kalo gue biasanya ubah komposisinya ukuran videonya menjadi 800x800 pixel (cukup kok).
2. Bitrate yang biasa gue pake 2-4 mbps aja cukup kok. (Rendering at VBR 2 Pass)
3. Kamu harus render atau convert video kamu supaya bisa kebaca di handphone kamu.
4. Untuk pengguna iPhone, cara masukin videonya adalah via iTunes. Caranya colok iPhone kamu, sebelum disync, klik tab ‘photos’, lalu ceklis sync photos including videos dan tentuin folder tempat kamu nyimpen video buat Instagram tersebut. Kalo udah, Sync deh!

Buat contoh aja, berikut ada beberapa video dari DSLR gue, yang gue masukin ke Instagram gue.

Semoga bermanfaat! Silakan tinggalin komen kalo ada pertanyaan ataupun komentar lainnya  Boleh follow Instagram gue juga @benakribo. Thanks!

Salam #GeekKribo

Tutorial 2971922890887865165

Post a Comment

Hello, World! Hello, Human! Silakan tinggalin komentar ya, tapi pake bahasa indonesia aja, jangan pake bahasa pemrograman apalagi pake bahasa mesin 11010010100 okeh!

Salam #Kribonisasi

emo-but-icon

Home item

What's Trending

Random Posts